Cara Membuat Distribusi Frekuensi - Digitech University

Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi

Penulis10122015 - Salman Anshori
Dosen = Alif Hijriyah, S.Si.,M.Si


Berdasarkan data diatas, Kita akan membuat Tabel Distribusi Frekuensi, Mencari Batas Kelas, Tepi Kelas, Menentukan Nilai Tengah,  Menentukan Frekuensi Relatif dan Frekuensi Kumulatif < dan >.
Berikut merupakan Langkah-langkah Pengerjaan nya

1. Mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar 
2. Menghitung Range (R)
Untuk mencari Range (R) bisa menggunakan rumus Nilai MAKS - Nilai MIN dari Data.

3. Menentukan Banyak Kelas (K)
Untuk menentukan banyak kelas dapat menggunakan rumus K = 1+3,22*Log(n).

4. Menghitung Interval atau Panjang Kelas (P)
Untuk menghitung Interval menggunakan rumus P=R/K.

5. Input data menggunakan Frekuensi
Langkah berikutnya adalah menginput data menggunakan Frekuensi, Contoh nya adalah dengan mencari ada berapa banyak data yang Rentang Nilai nya antara 45-49 yaitu ada 5.

6. Menentukan Batas Kelas
Batas Kelas terdiri dari Batas Kelas Bawah dan Batas Kelas Atas.
Batas Kelas Bawah diambil dari Nilai Minimum pada sebuah interval di setiap kelas nya. Sedangkan Batas Kelas Atas diambil dari Nilai Maksimum pada sebuah Interval disetiap kelas nya.
Misal: Interval 50-54
Batas Kelas Bawah 50
Batas Kelas Atas 54

7. Menentukan Tepi Kelas
Tepi Kelas terdiri dari Tepi kelas bawah dan Tepi kelas atas.
Tepi Kelas Bawah diambil dari Nilai Minimum pada sebuah interval disetiap kelasnya (Batas Kelas Bawah) dikurangi 0,5.
Tepi kelas Atas diambil dari Nilai Maksimum pada sebuah interval disetiap kelasnya (Batas Kelas Atas) ditambah 0,5.

8. Menentukan Nilai Tengah
Untuk menentukan Nilai Tengah, Rumusnya:
Nilai Tengah = (Batas Kelas bawah + Batas Kelas Atas)/ 2

9. Menentukan Frekuensi Relatif (Fr)
Rumus untuk mencari Frekuensi Relatif
Fr = (Frekuensi / banyak data) X 100

10. Menentukan Frekuensi Kumulatif < dan >

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi dan Negosiasi Bisnis

Komunikasi dan Negosiasi Bisnis

Mendapatkan perhatian Rekruter perusahaan melalui personal Branding dan CV yang tepat