Komunikasi Bisnis
Bahasa dan Pesan Komunikasi Bisnis
Komunikasi Bisnis yang efektif selalu berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam berbahasa, baik secara lisan maupun tulisan.
Penggunaan bahasa dan kata-kata dalam menyampaikan suatu pesan sangat lah penting, apalagi sebagai bentuk komunikasi dalam melakukan Kegiatan Bisnis.
Bahasa juga bisa menjadi salah satu faktor tidak tersampaikan nya pesan dengan baik kepada komunikan bila terjadi perbedaan persepsi dan cara tanggap terhadap pesan yang disampaikan.
Komunikasi Tertulis
Pada bagian ini dijelaskan 3 gaya komunikasi tertulis, diantaranya:
1. Colloquial/Daily Language/Tulisan Sehari-hari
Komunikasi tertulis yang biasanya menggunakan kata-kata sehari-hari atau kode tertentu yang bisa jadi hanya diketahui oleh komunikator dan komunikan tersebut.
2. Casual/ Tulisan Kasual
Komunikasi yang tidak berbeda jauh dengan gaya komunikasi colloquial
3. Formal
Gaya komunikasi tertulis yang biasanya digunakan oleh orang atau perusahaan dalam menyampaikan pesan nya karna memberikan kesan yang profesional.
Komunikasi Lisan
Komunikasi yang dilakukan melalui ucapan secara langsung kepada lawan bicara
Komunikasi Non Verbal
Komunikasi Non Verbal merupakan komunikasi yang biasanya menggunakan kode atau bahasa isyarat, gerakan atau mimik wajah dalam menyampaikan pesan atau komunikasi kepada lawan bicara nya.