Komunikasi dan Negosiasi Bisnis
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI BISNIS, TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi Bisnis memiliki beberapa jenis atau cara, diantaranya:
A. Berdasarkan cara penyampaiannya
Berdasarkan dari cara penyampaian nya Komunikasi bisa dibedakan menjadi 2 yaitu
1. Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan sendiri bisa terjadi dengan 2 situasi berbeda yaitu saat bertatap muka secara langsung (berdialog) ataupun melalui alat/perangkat seperti telepon.
2. Komunikasi Tertulis
Komunikasi yang dituangkan dalam bentuk surat yang harus diperhatikan isi nya agar bisa dimengerti oleh orang yang akan menerima surat tersebut.
B. Berdasarkan kelangsungannya
Berdasarkan kelangsungannya Komunikasi ini dibedakan menjadi 2 jenis
1. Komunikasi Langsung
Komunikasi yang dilakukan secara langsung tanpa adanya bantuan pihak ketiga.
2. Komunikasi tidak Langsung
Komunikasi yang melibatkan bantuan pihak ketiga atau alat-alat komunikasi.
C. Berdasarkan perilaku nya
Menurut Perilaku dapat dibedakan menjadi
1. Komunikasi Formal
Komunikasi yang terjadi dalam sebuah perusahaan yang tata cara atau struktur nya sudah ditentukan seperti di acara resmi.
2. Komunikasi Informal
Komunikasi yang tata cara dan struktur nya tidak ditentukan seperti di acara tidak resmi.
3. Komunikasi nonformal
Gabungan dari komunikasi formal dan komunikasi informal
D. Berdasarkan maksud komunikasi
Komunikasi yang dapat terlaksana jika ada inisiatif dari komunikator dalam menentukan maksud dari komunikasi nya.
E. Berdasarkan Ruang lingkup
Berdasarkan Ruang Lingkup nya, komunikasi ini dibedakan menjadi komunikasi internal dan komunikasi eksternal
F. Berdasarkan Aliran informasi
Menurut aliran informasi komunikasi ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam
1. Komunikasi satu arah
Komunikasi yang terjadi satu arah atau hanya komunikator saja yang biasanya terjadi karena adanya kerahasiaan dll.
2. Komunikasi dua arah
Komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan
3. Komunikasi ke atas
Komunikasi yang terjadi antara bawahan ke atasan dalam sebuah organisasi atau perusahaan
4. Komunikasi ke bawah
Komunikasi yang terjadi antara atasan sebuah perusahaan kepada bawahan nya
5. Komunikasi ke samping
Komunikasi yang dilakukan oleh orang yang kedudukannya sejajar
TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI
LOBI merupakan upaya dalam melakukan pendekatan kepada orang lain dengan tujuan untuk mempengaruhi seseorang agar menyepakati sesuatu.
Strategi LOBI
1. Kenali objek
2. Persiapan informasi
3. Persiapan diri
4. Berupaya menarik perhatian melalui 3V
5. Sajikan pengiriman pesan dengan jelas
6. Tutup pembicaraan dengan memberikan kesan
Negosiasi dapat diartikan sebagai proses tawar-menawar yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dan penyelesaian.
Strategi NEGOSIASI
ada 4 strategi negosiasi yang biasa dipakai oleh para Negosiator
1. Win-Lose
Maksudnya adalah bahwa salah satu pihak yang melakukan negosiasi ingin mendapatkan keuntungan secara maksimal tanpa memikirkan hubungan jangka panjang.
2. Lose-Win
Maksudnya ialah salah satu pihak bisa saja mengalah dengan maksud agar nantinya dikemudian hari dapat bekerja sama kembali.
3. Lose-Lose
Strategi ini bermaksud agar kedua belah pihak lebih baik menerima kerugian diawal dengan membatalkan kerja sama daripada harus merugi lebih besar kemudian hari.
4. Win-Win
Strategi ini merupakan strategi yang biasa dilakukan oleh kebanyakan Negosiator, karena strategi ini memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.