Review Materi WEBINAR
Mengenal Target Market melalui 4 Cara: Demografi, Geografi, Psikografi, dan Behavior
Di jaman yang sudah berkembang saat ini, Komunikasi tidak hanya bisa dilakukan melalui obrolan atau percakapan saja, Karna seseorang punya cara Komunikasi sendiri dalam menyampaikan pesan atau maksud nya.
Dalam Komunikasi Bisnis, Komunikasi sendiri memiliki beberapa jenis yaitu; Komunikasi Formal, Non Formal dan Informal, Komunikasi Verbal dan Non-Verbal, Komunikasi Langsung dan Tertulis, dll.
Agar kita memiliki Komunikasi yang baik dengan orang lain (Target), maka kita perlu mengenal Target kita terlebih dahulu. Dalam Konteks Komunikasi Bisnis bagi sebuah perusahaan, Mengenal Target Market merupakan langkah awal yang harus dilakukan sejak awal agar Pesan atau Maksud yang coba disampaikan melalui Komunikasi dapat tersampaikan kepada Target Market yang tepat.
Untuk itu ada 4 cara yang bisa membantu untuk membedakan Target Market, diantaranya Demografi, Geografi, Psikografi, Behavior. Berikut ini adalah penjelasannya:
Demografi: Metode dengan cara mengelompokkan segmen market dengan ciri-ciri yang dimiliki. Contoh: Umur, Jenis Kelamin, Pekerjaan, Status Pernikahan, Penghasilan dll.
Geografi: metode dengan mengelompokkan segmen market dengan lokasi tertentu. Contoh: Wilayah perkotaan/pedesaan, komplek perumahan, kawasan dengan cuaca / iklim tertentu.
Psikografi: metode dengan mengelompokkan segmen market dengan mengetahui isi pikiran mereka. Contoh: Problem, Mimpi, Kekhawatiran, Trauma.
Behavior adalah metode mengelompokkan segmen market dengan mengetahui kebiasaan mereka. Contoh: Kehidupan Sosial, idola, rutinitas.
Dengan memperhatikan ke-empat nya, diharapkan bahwa perusahaan dapat mendapat Target Market yang sesuai dengan produk yang akan di perkenalkan kepada Publik.